Rabu, 03 Oktober 2012

CETAK SK PENGURANGAN DAN BUKU PENJAGAAN PENYELESAIAN PERMOHONAN PENGURANGAN PBB PADA APLIKASI SISMIOP

CETAK SK PENGURANGAN

Wajib Pajak mengajukan Pengurangan secara tertulis kepada Kepala Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan yang menerbitkan SPPT atau SKP dengan mencantumkan besarnya persentase pengurangan yang diminta.
Pengurangan atas Pajak Bumi dan Bangunan diberikan atas pajak terhutang yang tercantum dalam SPPT dan / atau SKP. Pengajuan permohonan pengurangan tersebut dapat diajukan dalam jangka waktu selambat – lambatnya 60 ( enam puluh ) hari sejak tanggal diterimanya SPPT dan / atau SKP.
Adalah proses yang digunakan untuk :
§  Pencetakan SK Pengurangan.

Tampilan Form Cetak SK Pengurangan sebelum SPPT   dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



Cara pengisian Cetak SK Pengurangan PST / sebelum SPPT :
1.   Nomor Pelayanan, ketikkan nomor pelayanan sesuai dengan nomor pelayanan di Input Data    Pengurangan PST / sebelum SPPT.
2.       Tanggal Cetak, ketikkan tanggal pada saat pencetakan sk pengurangan pst / sebelum sppt.
3.   Aktifkan tombol perintah PROSES dengan menggunakan tombol Alt – P, tombol Tab, tombol enter atau dengan menggunakan mouse.
4.      Untuk Tombol Batal dan Keluar lihat Tombol Navigasi Form.

BUKU PENJAGAAN PENYELESAIAN PERMOHONAN PENGURANGAN.


Wajib Pajak mengajukan permohonan pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan secara tertulis pada Kepala Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan yang menerbitkan SPPT atau SKP dengan mencantumkan besarnya persentase pengurangan yang diminta.
Pengurangan atas Pajak Bumi dan Bangunan diberikan atas pajak terhutang yang tercantum dalam SPPT dan / atau SKP. Pengajuan permohonan pengurangan yang sudah diproses akan tercatat pada buku penjagaan penyelesaian permohonan pengurangan. Buku Penjagaan Penyelesaian Permohonan Pengurangan digunakan selama tahun pajak yang bersangkutan.

Adalah proses yang digunakan untuk :
§  Pencetakan buku penjagaan penyelesaian permohonan pengurangan.

Tampilan Form Buku Penjagaan Penyelesaian Permohonan Pengurangan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Cara pengisian Buku Penjagaan Penyelesaian Permohonan Pengurangan :
1.       Tahun, ketikkan tahun berjalan pada saat pengajuan permohonan pengurangan dari wajib pajak. Isian tahun ini juga bisa untuk melihat data permohonan pengurangan tahun – tahun sebelumnya.
2.   Aktifkan tombol perintah CETAK untuk melakukan pencetakan buku penjagaan penyelesaian permohonan pengurangan. Dapat dengan menggunakan tombol Alt – C, tombol Tab / Shift Tab, atau klik langsung dengan menggunakan mouse. Setelah kursor pada tempat yang dituju tekan enter atau klik dua kali berurutan dengan mouse.
3.       Untuk Tombol Batal dan Keluar lihat Tombol Navigasi Form.

di bawah ini sediakan tutorial penyelesaian Permohonan Pengurangan pada Aplikasi SISMIOP.
Video 1


Video 2


Video 3


Video 4

sumber : "Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Operator Console", Hermawan Setiabudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar